Mengenal Asal Mula nama Tainsiat, Tampak Gangsul dan Kaliungu - Beritabali.com

About Bali

Mengenal Asal Mula nama Tainsiat, Tampak Gangsul dan Kaliungu

Minggu, 01 Mei 2022 | 12:35 WITA
Mengenal Asal Mula nama Tainsiat, Tampak Gangsul dan Kaliungu

bbn/rakyatbali.com/Mengenal Asal Mula nama Tainsiat, Tampak Gangsul dan Kaliungu

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Dikisahkan Raja Mengwi kesal karena daerah kekuasaannya direbut oleh I Gusti Ngurah Pemecutan. Raja Mengwi lalu meminta bantuan kepada Raja Buleleng, I Gusti Ngurah Panji Sakti.
Singkat cerita, pada suatu hari berangkatlah Pasukan Goak (Laskar I Gusti Ngurah Panji Sakti) menuju Kerajaan Badung. Sesampai di areal persawahan di sebelah timur laut Puri Pemecutan pasukan itu berhenti. 
Raja Badung yang mendengar bahwa wilayahnya diserang oleh Buleleng lalu memerintahkan Sikep (Laskar Badung) untuk menghadapi Goak Buleleng. Terjadilah perang antara Goak Buleleng dengan Sikep Badung. Sikep Badung terdesak dan banyak yang gugur. 
Darahnya mengalir bersama aliran air parit. Sikep Badung sementara mundur untuk menghadap raja ke Puri. Setelah beberapa langkah dari arena pertempuran, ternayat Raja Badung telah berangkat menuju tempat pertempuran. 
Raja Badung memerintahkan kembali bertempur. Diperintahkan agar para Sikep turun ke “nyarangan” (petak sawah yang siap ditanami padi), mengambil lumpur untuk dilemparkan ke mata Goak. Atas perintah tersebut, Laskar Sikep berbalik bersemangat kembali menuju medan perang. 
Pertempuran semakin dasyat, dimana Pasukan Sikep Badung melempari Goak Buleleng dengan lumpur.
Halaman :

TAGS : Raja Mengwi Raja Badung Raja Buleleng I Gusti Ngurah Pemecutan TAINSIAT Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Bali TV