Mengenal Tradisi Nyentana di Bali - Beritabali.com

About Bali

Mengenal Tradisi Nyentana di Bali

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:10 WITA
Mengenal Tradisi Nyentana di Bali

bbn/blog.isi-dps.ac.id/Mengenal Tradisi Nyentana di Bali

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Di Kabupaten Tabanan terdapat tradisi yang sering disebut Nyentana,  Apa itu nyentana? Secara garis besar, nyentana adalah di mana si gadis yang meminang seorang pria untuk dijadikan suaminya dan selanjutnya diajak tinggal di rumah si gadis.
Kemudian keturunannya akan menjadi milik dan melanjutkan ‘klan’ keluarga si gadis.  Dengan kata lain, si gadis di sini mengambil posisi purusha dan si lelaki mengambil posisi pradana.
Nyentana bukanlah kaidah dalam Agama Hindu, tetapi salah satu Hukum Adat dan memang tidak berlaku di seluruh daerah, misalnya di daerah Karangasem tidak mengenal Nyentana, tapi di daerah Tabanan, nyentana lumrah dilakukan.
Syarat utama nyentana adalah harus mendapat persetujuan dari kedua belah pihak keluarga, karena si lelaki akan melepaskan hak dan kewajibannya di rumah asalnya untuk masuk ke rumah si gadis dan menerima hak serta kewajiban di rumah si gadis.
Halaman :

TAGS : Kabupaten Tabanan Nyentana Pewaris Leluhur Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Denpasar Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV