Destinasi Wisata Pura Tanah Lot Incaran Banyak Wisatawan - Beritabali.com

About Bali

Destinasi Wisata Pura Tanah Lot Incaran Banyak Wisatawan

Senin, 17 Januari 2022 | 16:00 WITA
Destinasi Wisata Pura Tanah Lot Incaran Banyak Wisatawan

bbn/Shutterstock/Destinasi Wisata Pura Tanah Lot Incaran Banyak Wisatawan

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Pura tanah lot atau yang biasa disebut tanah lot adalah destinasi wisata yang terkenal dan indah. Keindahannya bahkan diabadikan dalam pecahan uang lembaran Rp50.000. Destinasi ini menjadi magnet tersendiri untuk turis lokal maupun turin internasional.
Keindahan destinasi ini makin terlihat pada sore atau pagi hari. Pada saat tersebut wisatawan dapat melihat keindahan pura dapat dilihat dengan background langit jingga khas suasana pagi. Selain itu tempat ini juga kerap dikunjungi dengan tujuan ibadah oleh umat hindu sekitar.
Pura Tanah Lot yang terletak di sisi pantai pedesaan Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Tanah Lot yang terdiri dari dua kata, yang kata Tanah ditafsirkan sebagai karang tampak seperti gili atau pulau. Lot atau kata Lod memiliki makna laut. Jadi Tanah Lot yang berarti pulau kecil mengambang di laut. 
{bbsepartaor}
Pura Tanah Lot terletak di 30 Km di sisi barat Denpasar kota dan sekitar 11 Km di sebelah selatan kota Tabanan. Pura yang dibangun oleh Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16.
Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai bersembahyang di Pura Ini.
Fungsi candi ini dapat direalisasikan dari fungsi bangunan candi utama yang terletak di daerah candi utama. Di tempat ini, ada sebuah kuil utama untuk menyembah dewa dalam bentuk Dewa Baruna atau Bhatara Segara, kekuatan laut. Media ibadah untuk dewa ini adalah bangunan candi dengan 5 bertingkat sedangkan bangunan candi bertingkat 3 di bagian utara daerah ini pemaknaan untuk menyembah kepada Dang Hyang Nirartha.

Penulis : Tim Liputan

Editor : Ind


TAGS : Wisatawan Tanah Lot Hindu Bali Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritaklungkung.com - Media Online Klungkung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Klungkung, Bali, Nasional dan Dunia.



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Tabanan Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV