Makna Ogoh-Ogoh di Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI - Beritabali.com

About Bali

Makna Ogoh-Ogoh di Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI

Senin, 27 Desember 2021 | 20:45 WITA
Makna Ogoh-Ogoh di Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI

beritabali/ist/Makna Ogoh-Ogoh di Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Ada yang menarik pada prosesi pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI yang akan berlangsung pada awal hingga pertengahan Januari 2022. Selain bade tumpang 11 dan Lembu sebagai sarana upacara, nantinya akan ada ogoh-ogoh yang diarak oleh warga.
Bendesa Adat Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Sudarma mengatakan seperti prosesi pelebon Ida Cokorda Pemecutan pada tahun-tahun sebelumnya nantinya akan menggunakan sarana ogoh-ogoh. Ditanya apa makna sarana ogoh-ogoh dalam upacara Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI, Rai Sudarma menyebut hal itu semacam kirab.
"Ogoh-ogoh itu semacam kirab raksasa sebagai sarana matur piuning kepada sang Biuta agar perjalanan Beliau menuju Sunya Loka lancar," ungkap Rai Sudarma saat ditemui media di Puri Pemecutan, Senin, 27 Desember 2021.
Namun ia mewanti-wanti jika arak-arakan ogoh-ogoh bukan untuk gagah-gagahan, melainkan sebagai kekhususan sarana upacara Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI yang dudonan karyanya disebut "Nyawa Asti Wedana".
Ia juga menekankan pemberlakukan pembatasan juga dilakukan pada upacara pelebon tersebut, terutama bagi pendukung Ida Cokorda Pemecutan XI yang jumlahnya besar seperti di Islam Kepaon. Ia mengimbau agar pendukung almarhum dilakukan pembatasan minimal 25 orang dari perwakilan massa tersebut atau dilakukan secara bergiliran datang dalam rangkaian upacara.
Halaman :

TAGS : Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI Ida Cokorda Pemecutan XI Ogoh Ogoh Puri Kearifan Lokal Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Denpasar Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV