Tradisi Maulid Adat di Bayan Lombok Utara - Beritabali.com

About Bali

Tradisi Maulid Adat di Bayan Lombok Utara

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:40 WITA
Tradisi Maulid Adat di Bayan Lombok Utara

beritabali/ist/Tradisi Maulid Adat di Bayan Lombok Utara.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NTB.
Desa Adat Bayan, di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, selain memiliki destinasi wisata budaya tempat ini memiliki catatan sejarah panjang tentang masuknya islam di Pulau Lombok. 
Dan tepat pada Kamis (21/10)  masyarakat adat Bayan merayakan tradisi tahunan yang disebut Maulid Adat Bayan. Yakni merupakan kegiatan adat terkait peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dilaksanakan selama 2 hari oleh masyarakat adat Bayan sebagai bentuk penghormatan terhadap Rasulullah. 
Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, menghadiri dan mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (21/10) di Bayan Kabupaten Lombok Utara ini.
"Berkunjung ke Bayan adalah perziarahan panjang menembus batas dan waktu," kata gubernur Zul, yang hadir mengenakan pakaian  adat Sasak.
Gubernur NTB juga mengajak masyarakat untuk berkunjung ke desa adat Bayan. 
"Acara yang sangat luar biasa. Sesekali datanglah ke Bayan di Lombok Utara untuk bersilaturrahim dengan kearifan," ajak alumni Inggris ini, saat bersama Bupati, Wakil Bupati dan Sekda KLU.
”Tahun depan Maulid Adat Bayan ini harus kita jadikan agenda tahunan di pariwisata provinsi. Kita buat besar-besaran, bahkan bila perlu undang presiden,” imbuh orang nomor satu di NTB itu.
Gubernur ingin kegiatan ini bisa dilakukan secara khusus dan berkala. Dirinya menilai kegiatan tersebut juga penting untuk pendidikan generasi NTB. Sehingga kelak anak NTB, khususnya KLU memahami tentang budaya dan kearifan lokal daerahnya.
Pria yang disapa Bang Zul itu mengaku baru pertama kali menghadiri Maulid Adat Bayan. Dirinya berencana akan membuat kegiatan tersebut lebih meriah layaknya perayaan Bau Nyale di Lombok Tengah.
”Kita akan lakukan besar-besaran, tentunya dengan kolaborasi antara pihak provinsi dan kabupaten,” tegas Zul.
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Bali TV