Kisah Cinta Segitiga Dibalik Perang Puputan Badung 1906 (2) - Beritabali.com

About Bali

Kisah Cinta Segitiga Dibalik Perang Puputan Badung 1906 (2)

Senin, 20 September 2021 | 13:30 WITA
Kisah Cinta Segitiga Dibalik Perang Puputan Badung 1906 (2)

beritabali.com/ist /foto: lukisan Puputan Badung, The Fall Of Kingdom 1906, karya Agung Mangu Putra

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
A.A. Ayu Oka memelihara kedua hubungan ini. Ia menghadapi kedua pemuda tersebut dengan sangat bijak, sehingga tidak terlihat adanya perubahan sikap dan baktinya terhadap orang tuanya, Baginda Raja. 
Terjadi persaingan antara remaja putra Denpasar dengan teruna Pemecutan, masing-masing menghimpun dukungan dan kekuatan di masyarakat pendukungnya, untuk memperebutkan seorang putri jelita dan mempertahankan kedudukan sebagai calon Raja Badung, yang telah ditugaskan menjalankan pemerintahan sehari-hari. 
Dengan semakin memuncaknya persaingan antara dua remaja ini, dalam menyusun kekuatan masing-masing, maka terjadilah, kilas balik masalah, yang harus dihadapi bersama-sama, sebagai Kerajaan yang berdaulat, dan disegani seluruh Bali. 
Kerajaan Badung sejak tahun 1813 diperintah bersama-sama oleh tiga pusat pemerintahan yaitu pucuk pimpinan Puri Pemecutan, Puri Denpasar, Puri Kesiman, yang ketiganya sangat kompak dan benar-benar bersatu, sebagai satu saudara dalam Pemerintahan Kerajaan Badung. 
Pada tanggal 27 Mei 1904 timbul masalah dengan terdampar dan kandasnya Kapal Sri Kumala di Pantai Sanur, dan Pemerintahan Belanda menuntut ganti rugi,atas kerugian kapal itu sebanyak 3.000 ringgit agar dibayar oleh Raja Badung. 
Laporan pertama diterima oleh I Gusti Ngurah Gede Kesiman, karena beliaulah Maha Patih dan Pemerintahan Badung yang banyak berhubungan dengan dunia luar. 
Halaman :

TAGS : Raja Badung I Gusti Ngurah Gede Kesiman Puri Kesiman Peperangan Taensiat Pasukan Belanda Penjajah Belanda Puputan Badung Perang Puputan Badung Sejarah Kerajaan Badung Puputan Badung Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Bali TV