Berkharisma Kuat, Sukarno Memiliki Istri, Anak dan Cucu di Bali - Beritabali.com

About Bali

Berkharisma Kuat, Sukarno Memiliki Istri, Anak dan Cucu di Bali

Minggu, 20 Juni 2021 | 10:10 WITA
Berkharisma Kuat, Sukarno Memiliki Istri, Anak dan Cucu di Bali

beritabali.com/ist /file

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Presiden pertama Indonesia, Sukarno, dikenal sebagai presiden yang memiliki kharisma kuat. Dengan kharismanya yang kuat ditambah intelektualitas yang tinggi, di jamannya, Sukarno menjadi idola para wanita dan mempunyai istri hingga 9 orang. Namun di luar istri resmi yang 9 orang itu, ternyata Sukarno memiliki anak dari istri yang tidak resmi, termasuk di Bali.
Cerita ini disampaikan sahabat dekat Sukarno, Horst Henry Geerken, dalam wawancara dengan beritabali.com, di Denpasar, tahun 2013. Menurut Henry, secara resmi, Sukarno dikenal memiliki 9 orang istri yakni Oetari Tjokroaminoto, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi, Haryati,  Yurike Sanger, Kartini Manoppo, dan Heldy Djafar. Kesembilan istrinya ini dinikahi Sukarno dalam kurun waktu 1921 hingga tahun 1966.
"Tapi di luar yang resmi itu, Sukarno juga punya banyak istri yang tidak resmi. Dari yang tidak resmi itu, juga ada anak hingga cucunya," ujar pria asal Jerman ini. 
Di Bali, kata Henry, keturunan Sukarno dari dari istri yang tidak resmi ini antara lain terdapat di wilayah Tampak Siring, Gianyar.
"Saya pernah melakukan penelusuran di daerah Tampak Siring, dan saya di sana bertemu dengan beberapa anak Sukarno. Jumlahnya ada empat yang saya pernah temui, semuanya wanita dan cantik-cantik. Anak-anak Sukarno di sekitar istana Tampak Siring ini dari beberapa ibu yang berbeda,"jelasnya.
Selain pernah bertemu dengan beberapa anak Sukarno dari istri yang tidak resmi di Tampak Siring, Henry juga mengaku pernah bertemu dengan beberapa cucu Sukarno, keturunan dari istri yang tidak resmi tersebut.
"Dengan cucunya Sukarno, saya juga sudah pernah bertemu di Tampak Siring, saya bertemu sekitar empat orang. Kebetulan semuanya juga cewek dan juga cantik-cantik,"ujar pria yang ikut merintis pembangunan Bandara Ngurah Rai Bali ini.
Henry mengatakan, hingga kini belum pernah bertemu dengan anak maupun cucu Sukarno yang laki-laki. Semua anak dan cucu Sukarno yang pernah ditemuinya di sekitar Tampak Siring merupakan anak atau cucu perempuan. Selain di wilayah Tampak Siring, Sukarno juga dikhabarkan memiliki istri tidak resmi di wilayah lainnya di Bali.
"Sukarno juga punya istri dari Singaraja. Jadi tidak hanya di sekitar istana Tampak Siring,"jelasnya. 
Henry yang sering bertemu Sukarno di Bali tahun 1960 an mengakui Sukarno memiliki kharisma yang kuat. Henry juga mengagumi tingkat intelektual Sukarno yang tinggi.
"Kalau Sukarno datang, para wanita waktu itu pada histeris.  Waktu itu bukan Sukarno yang mencari-cari cewek (wanita), tapi cewek-cewek itu yang datang sendiri ke Sukarno. Sepertinya cewek-cewek itu penasaran dengan sesuatu hal yang ada dalam diri Sukarno,"ujar Henry sambil tertawa.  

Penulis : Tim Liputan

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Istri Presiden Sukarno Bali Sejarah Tampaksiring Singaraja


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Bali TV