3 Versi Asal Kata Desa Adat Tuban Bali - Beritabali.com

About Bali

3 Versi Asal Kata Desa Adat Tuban Bali

Sabtu, 31 Juli 2021 | 11:05 WITA
3 Versi Asal Kata Desa Adat Tuban Bali

beritabali.com/ist /foto: buku Ngurah Rai Airport Bali Gateway To Paradise

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Menelusuri perjalanan sejarah Bandar Udara Ngurah Rai Bali, yang dulunya dikenal dengan nama Pelabuhan Udara Tuban, tidak terlepas dari cerita tentang perkembangan Desa Adat Tuban, yang menjadi lokasi berdirinya bandara.
Ada beberapa legenda yang dipercaya masyarakat Desa Adat Tuban. Salah satu legenda yang cukup menarik adalah pemilihan kata Tuban, yang kemudian dijadikan nama resmi Desa Adat Tuban.
Berasarkan catatan awig-awig (peraturan) Desa Adat Tuban, dan sesuai penafsiran yang berkembang pada masyarakat Tuban saat itu, kata Tuban pada nama Desa Adat Tuban, ditafsirkan dalam beberapa versi.
Menurut buku "Ngurah Rai Airport Bali Gateway To Paradise", konon kata Tuban berasal dari kata "Mataeb" yang berarti angker. Setelah lama kemudian, kata Mataeb berubah menjadi kata Taeban yang berarti angker sekali. Tetapi kata Taeban inipun berubah kembali sebutannya oleh masyarakat setempat menjadi Tuban. Maka kemudian sebutan Taeban berubah menjadi Desa Tuban.
Halaman :

TAGS : 3 Versi Asal Kata Desa Adat Tuban Bali Badung Bandara


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Bali TV