Gajah Mina dalam Mitologi Hindu, Ini Penjelasannya - Beritabali.com

About Bali

Gajah Mina dalam Mitologi Hindu, Ini Penjelasannya

Senin, 22 Maret 2021 | 16:25 WITA
Gajah Mina dalam Mitologi Hindu, Ini Penjelasannya

Patung Dewa Baruna dan Gajah Mina di Pantai Prerenan. Sumber: riskidarmawan

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Warga heboh dengan temuan bangkai monster laut yang diduga mirip binatang legenda Gajah Mina di Laut Natuna Utara. Hingga kini temuan tersebut masih diselidiki kebenarannya.
Di sisi lain, dalam kepercayaan Hindu, Gajah Mina dinilai mempunyai makna dan simbol tertentu. Dilansir dari berbagai sumber, Gajah Mina adalah kombinasi dari binatang gajah dan ikan berupa binatang purba sejenis ikan berkepala gajah yang dalam lontar Yama Tattwa dipakai oleh Wangsa Wesia sebagai petulangan dalam upacara ngaben.
Gajah mina sebagai salah satu dari 7 mahluk mitologi dalam kepercayaan Hindu yang juga disebut makara. Berwujud seekor ikan berkepala gajah tersebut juga sering dilukiskan atau dipahatkan pada candi sebagai hiasan kekarangan dalam arsitektur pura yang memiliki sejarah arkeologis. Deskripsi Gajah Mina berasal dari sesepuh desa pesisir.
Para tetua mengatakan bahwa makhluk itu sama besarnya dengan ikan paus, memiliki belalai seperti gajah, memiliki bulu di tubuhnya dengan sepasang gading dan di beberapa kasus, memiliki telinga yang lebar. Secara filosofi, lanjutnya, Palinggih Gajah Mina merupakan simbol dari kekuatan mahadahsyat dari Raja Lautan, yakni Dewa Baruna. Gajah Mina juga dikaitkan dengan kisah penyelamatan dunia oleh Matsya, yang merupakan Avatara Wisnu yang berwujud Ikan Berkepala Gajah.

Penulis : Tim Liputan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Monster Laut Gajah Avatara Wisnu Gajah Mina Dalam Mitologi Hindu


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Bali TV