Menelusuri Makam Putra Raja Mengwi VII di Pura Keramat Seseh - Beritabali.com

About Bali

Menelusuri Makam Putra Raja Mengwi VII di Pura Keramat Seseh

Selasa, 16 Februari 2021 | 13:30 WITA
Menelusuri Makam Putra Raja Mengwi VII di Pura Keramat Seseh

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Salah satu objek wisata religi yang kaya akan nilai sejarah dan berlokasi di Badung adalah Makam Pangeran Mas Sepuh Bali.
Objek wisata satu ini dapat dikatakan sebagai wisata religi yang kaya akan nilai sejarah karena bersinggungan dengan 2 kepercayaan, yaitu agama Hindu dan Islam. 
Makam Pangeran Mas Sepuh Bali berlokasi di tepi Pantai Seseh, Kabupaten Badung. Pangeran Mas Sepuh Bali bernama asli Syekh Achmad Chamdun Choirussholeh atau yang lebih dikenal dengan nama Raden Amangkurat. 
Pangeran Mas Sepuh Bali merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam di Bali yang dikenal sebagai anggota Wali Pitu. Pangeran Mas Sepuh Bali memiliki darah bangsawan Bali karena ayahnya adalah Raja Mengwi VII yang beragama Hindu, sedangkan ibunya adalah keturunan dari Kerajaan Blambangan yang beragama Islam.
Uniknya, makam ini dijaga dan dirawat oleh seorang pemangku yang beragama Hindu. Menurut keterangan pemangku setempat, Pangeran Mas Sepuh Bali sempat berkunjung ke Bali setelah mengetahui informasi dari ibunya jika ia merupakan putra Raja Mengwi di Bali. 
"Singkat cerita, Pangeran Mas Sepuh Bali berkunjung ke Bali dan terjadi sebuah pertikaian dengan pihak Kerajaan Mengwi karena terjadi kesalahpahaman. Tetapi, hingga saat ini, perihal penyebab wafatnya Pangeran Mas Sepuh Bali itu masih belum jelas kebenarannya," tutur pemangku setempat dikutip dari beritabadung.id. 
Makam Pangeran Mas Sepuh Bali pertama kali ditemukan pada tahun 1992 dan hingga saat ini belum diketahui alasan pasti penyebab wafatnya Pangeran Mas Sepuh Bali. Semenjak saat itu, ia bersama pengikutnya diyakini tidak pernah kembali ke Blambangan dan dimakamkan di sana.
Makam tersebut juga dikenal sebagai "Pura Keramat Ratu Mas Sakti di Pantai Seseh" dan hingga saat ini masih dikunjungi oleh beberapa masyarakat, baik dari umat Hindu maupun Islam.

Penulis : Tim Liputan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Pangeran Mas Sepuh Putra Raja Mengwi Pura Keramat Ratu Mas Sakti Di Pantai Seseh Makam


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



About bali Lainnya :


Berita Lainnya

Trending About Bali

Berita Bali TV